Sejarah grafika komputer telah dimulai sejak jaman dahulu kala yaitu ketika bangsa Mesir, Roma dan Yunani berkomunikasi secara grafik. Beberapa lukisan terdapat pada batu nisan orang Mesir dapat dikatakan sebagai lukisan teknik.
Sedangkan, Leonardo da Vinci dalam lukisan-lukisannya sudah menerapkan objek 3D dengan pandangan isometrik.
Perkembangan
grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase, yaitu :
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
Lukisan Teknik |
Sedangkan, Leonardo da Vinci dalam lukisan-lukisannya sudah menerapkan objek 3D dengan pandangan isometrik.
Lukisan Leonardo Da Vinci |
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
- Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung
- MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT). Komputer ini mampu memaparkan grafik pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan
- Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input berbentuk pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu, dan menggambar pada layar dengan pendeteksian cahaya yang datang dari titik-titik pada layar CRT
- Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
2. Fase
Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
- Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD
- Beliau juga mengembangkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya
- Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncul
Grafika
komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan
ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
Desain Produk dengan Grafika Komputer |
4. Fase
Keempat (1980-1990)
- Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling)
- Pada tahun 90an, teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan. Contohnya jika kita melukis sebuah mobil bagian badan mesin adalah suatu permukaan dan bagian mesin adalah bentuk pejal. Jika kita gabungkan dengan teknologi maka badan dan mesin membentuk sebuah mobil
Menggambar Mobil dengan Teknologi Hibrid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar